mengapa belajar bahasa tionghoa??

Standard

Dulu ketika saya ditanya kenapa saya belajar bahasa tionghoa? saya akan menjawab saya belajar karena saya suka. Tapi saya dan si Penanya tahu bahwa jawaban ini tidak memuaskan kedua pihak, baik antara saya dan penanya. Dan ini jawaban yang tidak saya harapkan keluar dari mulut saya. Tapi inilah yang terjadi. Saya tidak memiliki jawaban yang lain dari kata “suka”

Selama 2 tahun ini, saya merasakan enak dan keuntungannya dari belajar bahasa tionghoa. China adalah Negara dengan jumlah penduduk terbesar sedunia, bahasa tionghoa digunakan lebih dari 873 juta orang, dan hal ini yang membuat Seperlima dari orang yang tinggal planet Bumi yang kita tempati ini berbahasa Cina.

China sebagai Negara kedua ekonomi terbesar sedunia akan sangat memberikan konstribusi yang besar dalam era Pasar bebas saat ini. Dan lagi-lagi Indonesia harus bisa memanfaatkan ini dengan baik. Pengusaan Komunikasi dalam bahasa inggris akan sangat diperlukan tapi tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan orang dari negri tiongkok ini tidak dapat berbahasa inggris dengan lancar, dan ada juga yang para pebisnis yang tidak bisa berbahasa inggris sama sekali, bahkan banyak. Dan hanya sediki yang dapat berbicara bahasa inggris dengan bagus. Jadi penguasaan bahasa tionghoa bagi orang Indonesia akan sangat diperlukan untuk menjalin hubungan dengan orang dari negeri yang terkenal dengan tembok raksasanya ini. Perusahaan-perusahaan berskala internasional saat ini mensyaratkan untuk bisa berbahasa tionghoa untuk calon pelamar diperusahaannya, dan orang yang bisa berbahasa tionghoa ini lagi-lagi mendapat keuntungan dan kesempatan yang sangat besar.

Dan dari ini semualah, saya yang hanya sebagai mahasiswa dan masih belum bekerja secara resmi dapat mengatakan kenapa saya belajar bahasa tionghoa.

17 responses »

  1. PERTAMAX….

    great idea,,,china sbgai negara terkuat no 2 d dunia emang smakin mmposisikan dirinya penentu ekonomi dunia, smua aspek mulai d dominasi , trmasuk ekonomi dlm negri,,,kalo emang suka n bisa bahasa tiong hoa , maka tuw k’untungan besar bgi kmu d masa depan,,,jiayoou hehehehe

    😀

    • heheeh…datang aja ke surabaya, atau ke malang(hari sabtu and minggu)

      or mau praktis??

      tunggu tulisan saya saja yahh disini…… :p
      (mudah-mudahan cepet dapat ilhamm lagii biar cepet ada post buat belajarnya)

    • maksudnya apa yah??
      kali bahasa kanton itu seperti bahasa daerah kalau di Indonesia…
      kan Indonesia banyak bahasa bukan?
      lah…
      bahasa kanton itu seperti bahasa jawa, bahasa madura…
      dan bahasa Tionghoa atau pu tong hua…
      itu bahasa Indonesianya kalo di Indonesia
      🙂
      thanks udah mampir

Leave a Reply

