Monthly Archives: March 2010

Teori Vygotsky Untuk pengajaran Bahasa Tionghoa

Standard

Teory Belajar Vygotsky menggunakan prinsip pembelajaran kelompok atau pembelajaran dengan pembimbingan.
Contoh penerapannya untuk anak SMP dan SMA:

  1. Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 3-5 orang, setiap kelompok diberi tema yang sama untuk membuat drama pendek sederhana dengan menggunakan bahasa Tionghoa. Misalnya : guru memberikan tema tentang membeli baju, tema yang diambil ini sesuai dengan materi pelajaran yang diberikan oleh guru, sehingga murid akan lebih ingat dengan materi yang diberikan karena mereka memperagakan materi yang diterimanya, bukan hanya mendengar guru ketika menjelaskan, disini peran guru adalah sebagai pendamping, ketika murid tidak bisa, guru datang untuk membantu atau membenarkan keselahan yang dilakukan disaat dia memperagakan drama tersebut.
  2. Menggunakan Teknik STAD ( Student Teams – Achievement Divisions), yaitu dengan cara mengelompokkan siswa secara heterogen kemudian siswa yang pandai bertugas menjadi ketua kelompok dengan tujuan sebagai penyambung informasi yang telah disampaikan oleh guru kepada semua anggota kelompok. Ketua kelompok juga bertugas untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh anggota kelompoknya yang kurang mengerti. Disini guru hanya bertugas untuk mengawasi jalannya proses pembelajaran, membantu memberikan solusi pada setiap permasalahan yang timbul, dan memberikan evaluasi di akhir pembelajaran. Contohnya :
    Materi yang dibahas pada hari itu adalah “ Memberi salam”. Siswa yang mengklasifikasikan cara mengucapkan salam sesuai dengan waktu, tempat dan lawan bicaranya. Misalnya pada pagi hari apabila bertemu dengan guru disekolah, siswa mengklasifikasikan apa yang harus diucapkan oleh guru dan apa yang harus diucapkan oleh murid.
  3. Teknik Teams Games Tournament ( TGT )
    Pembelajaran kooperatif model TGT adalah satu tipe model pembelajaran yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan. Model pembelajaran ini memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, kerjasama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar.
    Contoh :
    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 5-7 siswa heterogen, permainan biasanya disebut dengan komuni kata, jadi siswa pertama diberi kata oleh guru, misalnya “pang” dengan nada 2 dan meneruskan kata tersebut ke siswa lainnya yang lebih depan, hingga siswa terakhir, siswa terakhir ini bertugas untuk menulis kata yang didengarnya di papan tulis, kelompok mana yang lebih dulu menulis kata tersebut dan benar dalam penulisannya, maka kelompok itu yang menang. Permainan ini bertahap dari membisikan kata menjadi membisikan kalimat. Disini guru hanya mengawasi dan membenarkan dari keselahan pelafalan yang dilakukan oleh siswa.

    Teori Vygotsky ini sangat efektif untuk pembelajaran bahasa, seperti bahasa Tionghoa, karena hal ini akan membuat siswa lebih lama ingat dengan materi yang diberikan oleh guru daripada hanya mendengar.
Advertisements

KBS Cuii

Standard

Hehehe..tujuan dari post ini bukan untuk membuat anda mengujungi kebun binatang yang ada di Surabaya KBS. Jujur saja kebun binatang yang ada di Surabaya  tidak terlalu bagus(menurut saya, teman-teman dan dosen saya) lebih bagus taman safari kemana-mana hal yang amat sangat saya sayangkan. Tetapi disini kalian bisa setidaknya menambah ilmu tentang para hewan, jenis, habitat, dll. Tujuan post ini murni untuk kepentingan saya belaka untuk mengenang masa lucu dan seru ketika saya dan teman-teman saya jalan-jalan ke kebun binatang yang ada di Surabaya ini.

Hal yang tak terlupakan ketika disana adalah ketika naik gajah, gayanya udah sok berani dan amat sangat berpengalaman gitu,,eh…waktu gajahnya udah jalan, dan saya tercepit diantara teman-teman saya dan tidak bisa loncat apalagi tidak bisa turun karena gajahnya ternyata lumayan besar dan tinggi. Dengan perasaan takut yang sangat amat, menderita, dan penyeselan yang teramat parah pula membuat saya terpaksa bertahan hingga finish dengan perasaan yang tidak enak, ini membuat pengelaman saya yang pertama dan terakhir naik gajah terasa begitu panjang. Gak mau deh kalo nanti udah kaya ke Thailand and naik gajah.

But…

Ini neh yang buat saya tidak menyesal mengunjungi KBS, makhluk satu ini dari Kalimantan juga, bukan maksudnya menyamakan diri gitu. Tetapi saya senang, dan sedikit bahagia, karena dia tidak dijual dipasar gelap (pasar illegal penjualan hewan) dan dirawat di KBS itu. Thanks KBS,halah.

Dan ini

Niatnya pengen hidup disini, yang daun-daun, ranting-ranting dari pohon berjatuhan ketanah……..yang tempetnya hijau dan polusinya 0. Foto ini diambil di dalam kebun binatang Surabaya saya bersama teman saya melita yang asli anak jakarta. Wee…udaranya seger kalo pagi ( Gak tahu kalo siang )

Sebelum pulang kita sempatin buat foto di depan symbol dari kota Surabaya, dari kata Surabaya muncul mitos pertempuran antara ikan Suro (Sura) dan Boyo (Baya atau Buaya), yang menimbulkan dugaan bahwa nama Surabaya muncul setelah terjadinya peperangan antara ikan Sura dan Buaya (Baya). Lah ini ney fotonya Sura dan Boyo bertarung and dileatin aku sama teman-temen sekamar aku di asrama.

Well,,yang terakhir, mari kita jaga satwa Indonesia, jangan melulu liburan keluar negeri atau ke mall, sekali-kali ikut menyumbang pemasukan Negara kan juga bagus!!Jiayou…

Dream At Semester 4

Standard

Surabaya lagi Surabaya lagi….

Bonek lagi bonek lagi….

Berdiri lagi and lagi dikereta…

Panas lagi panas lagi

Hehehehe ini ney gerutuan sebelum berangkat ke Surabaya.

Belum mulai aja mindset nya udah begini. . . gimana mau lancar di Surabaya kalo belum mulai udah negative thingking dulu??!

Liburan semester telah usai, liburan yang diisi dengan hal-hal Geje akhirnya selesai juga, saatnya melanjutkan perjuangan di Surabaya. Saatnya menikmati panas Surabaya. Hehehehe, tapi sepanas apapun Surabaya, saya tetap bersyukur dapat menempuh pendidikan gratis di sana. Dan saya bersyukur dapat mempunyai teman dan kesempatan untuk bersama-sama mereka mengisi kehidupan kita menjadi lebih baik dan lebih bermakna.

Semester 4 ini sempat dikejutkan dengan mata kuliah leadership yang mengharuskan muridnya(dalam hal ini saya)untuk membuat film berdurasi pendek, dan membuat seminar. ada yang punya ide??? I have no idea about this. Saya memilih tema seminar tentang budaya. Ada yang punya ide seminar apa yang enaknya saya buat?? Jadi berfikir bisa habis berapa duit untuk membuat film dan membuat seminar seperti ini.

Target semester 4 yang jelas bisa dapat A untuk mata kuliah umum, dan mata kuliah inti mudah-mudahan tetap dapat A, dan diharapkan Ip semester ini bisa mencapai 4!!ameen. Semester 4 ini saya mau menjalankan hidup sehat, gak telat makan dan gak makan Junk Food dan juga bakso plus mie instant(kalo gak terpaksa).Saya tidak mau mengulangi kesalahan yang saya perbuat pada semester-semester lalu. Yang jelas Aku mau jadi yang lebih baik dan yang terbaik pada semester ini.!!!!dan mimpi harus terus dikejar!!jiayou a!!!

Pantai di Surabaya

Standard

Hari ini, saya mau memperkenalkan kepada anda sebuah pantai yang harus anda kunjungi ketika anda mampir di kota pahlawan Surabaya. Pantai kenjeran. Kemarin, tanggal 04 maret 2010 saya dan teman-teman saya, anis, putri, melita, desi, aris, lairen dan wita sepakat untuk menculik supir bis yang selalu mengantarkan saya dan teman-teman untuk pergi ke kampus,pak supri,untuk pergi mengisi waktu jeda kuliah dengan mengunjungi Pantai Kenjeran. Dengan cara halus sampai kasar kita bujuk Si. Supri untuk mau mengantarkan kita,hehehe,alhamdullilah akhirnya pak supri mau juga.

Pantai kenjeran terletak tidak jauh dari kampus saya, kira-kira tidak sampai 10 menit bisa sampai disana dan tiket masuknya seharga 4000/orang. Angin pantainya yang sepoi-sepoi, dijamin akan membuai anda untuk tidur disini(hehehe..jangan nyampe deh) dan suasana yang sepi pada hari itu membuat saya betah lama-lama disini. Jadi selain jalan-jalan, saya dan teman-teman saya menyempatkan diri untuk duduk-duduk menikmati pemandangan, dan akhirnya ditutup dengan membeli jajanan and belanja khas tempat wisata ini. Eittsss…Gak lupa sama wisata kuliner. Makan KUPANG, have you taste this?? Saya tidak terlalu mengerti kupang terbuat dari apa, tapi saya, lairen, wita dan aris setuju tidak mennyukai makanan seharga 4000 ini tapi yang jelas ini makanan laut, selain itu kita juga mencicipi sate kerang yang dapat dikatakan lumayan lah buat rasanya seharga 10.000/porsi.

Yang khas dari sini adalah kerajinan tangan yang dibuat dari hasil laut, contohnya; teman saya aris membeli bros dari bintang laut kecil and unik seharga 2000(dapet 3), terus tirai kamar yang dibeli oleh putri seharga kira-kira 20.000 dan ini keren. Trus selain accessories, kita juga dapat membeli jam yang dihias sedemikian rupa dengan binatang-binatang laut. Dan kita juga bisa belanja hasil laut, bermacam-macam teri, kerupuk ikan, dan banyak lagi. Kalau saya membeli; kerupuk ikan, ikan teri, gantungan buat tas, dan gelang mutiara dan ketika di total cuman menghabiskan 8000.hehehe murah banget cuii

Ada pengalaman unik ketika kita saya dan teman-teman prepare untuk pulang, kita dikejutkan dengan bapak nelayan yang membawa ikan bernama MIMI(saya gak tau ini nama ilmiahnya apa), bentuknya unik. Waktu pertama lihat saya berfikir bapak itu membawa robot-robatan kecil, ternyata yang saya lihat itu adalah ikan berwarna hijau lumut.

Dan ada cerita dibalik ikan ini. Ikan ini bukan ada 1, tetapi 2(kelihatannya cuman ada 1) mereka merupakan sepasang kekasih, jadi ikan ini saling menempel. Mereka adalah couple, mereka tidak berganti-ganti pasangan seumur hidup, dan meraka akan saling bersatu sampai mati(kata nelayan tersebut). dan bapak nelayan itu menambahkan, kalau menyetuh ikan ini, jodohnya bakal cepat didapat….(jiahh.. akhirnya si Mimi jadi korban dicolekin ama temen-temen), bahkan ada teman saya yang mencolek ampe 3 kali, Lah….kalo saya mencolek mimi ini sampai 4 kali,hehehe.